Mari Mengenal NFT

TL;DR;
- NFT, Non-Fungible Token yang berbasiskan Blockchain.
- Metamask, Opensea, Ethereum, Polygon.
- Digital Asset, Digital Wallet, Cryptocurrency, Marketplace sebagai komponen untuk melakukan transaksi NFT.
- Membuat NFT yang Pertama.
Top-12 CryptoPunks (dari total 10 ribu karakter unik yang ada, diciptakan secara otomatis melalui program). 12 harga teratas NFT CryptoPunks dalam USD — Status di pertengahan Januari 2022 (Larvalabs, 2022).

Sekilas NFT

Sederhananya, NFT memungkinkan seseorang sebagai pemilik dari suatu digital asset, untuk membuktikan bahwa memang dialah pemilik digital asset tersebut secara sah. Kepemilikan (ownership) dibuktikan melalui adanya digital certificate terhadap digital asset tersebut. Kepemilikan tersebut adalah unik, tidak ada duplikasinya. Digital asset merupakan representasi dari asset yang dapat berupa asset secara nyata (real) maupun asset secara maya (virtual).

Pelopor NFT — CryptoPunks

Pada pertengahan tahun 2017, Cryptopunks sebagai pelopor NFT, meluncurkan 10 ribu karakter unik dalam bentuk gambar, di mana setiap gambar hanya memiliki resolusi 24*24 pixels. NFT CryptoPunks diluncurkan pada platform berbasis blockchain: Ethereum. Saat diluncurkan, siapa saja yang memiliki Ethereum wallet bisa klaim NFT CryptoPunks secara free, hanya perlu membayar gas fee, yang saat itu nilainya kecil sekali (dapat diabaikan).

Metaverse

Facebook (sekarang Meta) memperkenalkan visi metaverse, yang merupakan digital shared space yang memungkinkan interaksi virtual secara masif dengan melibatkan banyak pengguna dan semua dilakukan secara real-time (Andi Sama, 2022a).

Digital Wallet, Cryptocurrency dan Marketplace

Untuk melakukan transaksi jual beli NFT, ada tiga hal utama yang diperlukan. Memiliki digital wallet, memiliki cryptocurrency dan kemudian melakukan transaksi di suatu marketplace.

Digital Wallet

Untuk berinvestasi di NFT, biasanya kita perlu men-setup digital wallet yang dapat berbentuk software maupun hardware. Akses terhadap digital wallet harus kita jaga supaya sangat aman. Satu hal yang penting adalah menjaga seed-nya. Suatu kunci khusus yang perlu kita simpan sedemikian rupa, sehingga hanya kitalah seorang satu-satunya yang tahu. Kalau seed ini diketahui oleh orang lain, maka orang tersebut akan dapat mengakses digital wallet kita.

Logo — Metamask dan Ethereum.

Cryptocurrency

Saat ini Ethereum (ETH) merupakan cryptocurrency yang populer untuk melakukan transaksi di Marketplace. Beberapa contoh cryptocurrency lainnya adalah Bitcoin (BTC), Dogecoin (DOGE), dan Polygon (MATIC).

Marketplace

Ada yang disebut sebagai “secondary market”, yang merupakan marketplace NFT, yang memperjualbelikan digital asset berbasis NFT ini. Opensea dan Rarible adalah dua marketplace, diantara berbagai marketplace yang ada.

Marketplace NFT: Opensea.
  • Axie Infinity (jual beli NFT untuk online video game; menggunakan Ethereum blockchain).
  • Mintable (jual beli NFT secara umum; menggunakan Ethereum, juga zilliqa blockchain).
  • NBA Top Shot (jual beli NFT untuk officially licensed video highlights; menggunakan Flow blockchain — sebelumnya Ethereum).
  • Opensea (jual beli NFT untuk rare digital items, collectibles; menggunakan Ethereum atau Polygon blockchain).
  • Rarible (jual beli NFT secara umum; menggunakan Ethereum blockchain).

Samsung 837x

Samsung 837 merupakan Samsung flagship Experience Center yang berlokasi di New York, Amerika Serikat. Samsung 837x yang diluncurkan di event CES 2022 di Las Vegas pada awal Januari 2022 (Andi Sama, 2022a), berada di decentraland dengan melakukan teleport ke lokasi 103,76 — Genesis Plaza (Decentraland, 2022).

Samsung 837x @Decentraland.
Samsung 837x di Decentraland, sebagai bagian dari Opensea.

Membuat NFT Anda yang Pertama

Plaftorm NFT marketplace seperti Opensea memungkinkan kita untuk membuat (create), melihat-lihat (browse), menjual (sell) dan membeli (buy) NFT.

Docking Ship NFT https://opensea.io/assets/matic/0x2953399124f0cbb46d2cbacd8a89cf0599974963/112797015316703422565884014352262991504386206174155850827412603785144761843713/.
  • Gold on Rocks, Sovereign Hill — Ballarat, Aussie (100 feet, underground). Jan 11, 2012.
  • Docking Ship, Sydney, Aussie. Jan 7, 2012.

Bagaimana Selanjutnya

Artikel selanjutnya direncanakan untuk membahas tentang transaksi NFT di marketplace, seperti Opensea.

Referensi

--

--

https://www.linkedin.com/in/andisama/

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store